Rabu, 05 Oktober 2011

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab penyakit asam urat umumnya karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Sayangnya tidak semua orang mengetahui makanan apa yang berpurin tinggi dan mana yang berpurin rendah sehingga asupan makanan tersebut tidak terkontrol. Yang seharusnya dibatasi malah tak peduli dan terus-menerus masuk kedalam perut.

Mengkonsumsi jeroan secara rutin adalah cara jitu bagi Anda yang ingin merasakan penyakit asam urat. Jeroan akan membebani kerja enzim hipoksantin untuk mengolah purin, sehingga banyak sisa asam urat di dalam darah yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi dan selanjutnya akan timbul rasa sakit yang lumayan dasyat.

Sebagai panduan Anda dapat membaca artikel yang berkenaan dengan jenis makanan asam urat yang telah saya posting beberapa waktu lalu agar Anda dapat memilah-milah makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi penderita penyakit asam urat.

Baik, kita kembali ke topik penyebab penyakit asam urat.

Penyebab penyakit ini dikategorikan menjadi dua jenis yaitu:

1. Asam urat primer atau gout primer

Untuk gout jenis primer ini belum jelas penyebabnya. Namun muncul dugaan bahwa gout primer disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme sehingga mempengaruhi kinerja hormon hipoksantin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Atau dapat juga proses pengeluaran asam urat yang tidak dapat berkerja secara baik. Hmm.. entah lah.

2. Asam urat sekunder atau gout sekunder

Nah.. kalau jenis asam urat kedua ini jelas penyebabnya yaitu:
  • Karena Anda suka banget makan jeroan.
  • Karena Anda suka banget makan kepiting
  • Karena Anda suka banget makan udang
  • Karena Anda suka banget minum minuman beralkohol
  • Pokoknya Anda suka banget makan makanan berpurin tinggi tanpa mau bagi-bagi sama tetangga kanan kiri. Akhirnya penyakit ngumpul semua di tubuh Anda.. hehe..
Berhati –hatilah dengan makanan berpurin tinggi. Jika perlu konsultasikan menu makan Anda dengan ahli gizi. Oh ya... penyakit asam urat juga bisa disebabkan karena Anda terlalu gemuk (obesitas), mengkonsumsi obat-obatan untuk kanker. Meningkatnya kadar trigliserida juga berpotensi mengidap asam urat.

Baiklah.. sekelumit tentang penyebab penyakit asam urat di atas semoga dapat menambah wawasan Anda tentang penyakit asam urat. Dan semoga Saya dan Anda senantiasa diberikan kesehatan baik jasmani maupun rohani oleh Alloh SWT. Amin.

Promosi Produk
==================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar