Kamis, 16 Juni 2011

Makanan Asam Urat: 3 Kelompok Makanan Yang Harus Diketahui

Makanan bagi penderita asam urat memang perlu untuk diperhatikan, jangan sampai salah makan karena sedikit saja menelan makanan yang merupakan pantangan adalah bencana bagi si penderita penyakit ini. Yang menjadi pantangan adalah makanan yang mengandung purin, umumnya makanan-makanan yang berprotein tinggi. Semakin banyak purin di dalam tubuh akan mengakibatkan ezim hipoksantin semakin berat memproses purin, akibatnya asam urat akan menumpuk di dalam darah.

Asam urat yang banyak di dalam darah seperti mahkluk halus berbentuk butiran kristal yang suka bercokol di daerah persendian, terutama di sendi-sendi kaki. Jika semakin lama akan bertumpuk di persendian dan sangat menggangu karena rasa nyeri yang sangat luar biasa. Hal inilah yang menyebabkan penderita penyakit asam urat tidak dapat berjalan, atau jika berjalan harus menyeret kakinya. Aduuh.. betapa tersiksanya ya…

Jika Anda atau keluarga adalah penderita asam urat, maka harus menghindari makanan berpurin tinggi, hal ini tidak dapat ditawar, kecuali Anda manusia bandel dan keras kepala, sudah dilarang masih makan aja. Iya om…, soalnya makanan yang dilarang enak-enak sih.. hehe…

Ada 3 kelompok makanan yang harus diperhatikan.

Kelompok pertama: Makanan yang benar-benar harus dihindari karena mengandung purin sangat tinggi. Jangan coba-coba untuk makan walau secuil, mlototin aja kaga boleh nih… Diantaranya adalah otak, hati, ginjal, usus, kaldu daging, bebek, sarden, makarel, kerang, udang, kepiting dan tape. Mereka mengandung 100 sampai 1000 mg purin per 100 gr takaran. Sedikit saja masuk ke dalam perut, maka tanggung sediri akibatnya. Oh ya… pantang minum minuman yang mengandung alkohol dan bersoda.

Kelompok kedua: Ini jenis makanan yang mengandung purin dalam kategori sedang dan masih boleh dikonsumsi dalam jumlah terbatas dan harus dibatasi, sebab kalau sedang keenakan makan biasanya lupa dan melebihi batasan dan akhirnya asam urat kabuh lagi deh. Beberapa makanan berpurin yang boleh dikonsumsi adalah daging sapi, ayam, tahu, tempe, bayam, daun singkong, kangkung, daun dan biji melinjo, asparagus, buncis. Jumlah kandungan puring yang terdapat dalam makanan makan tersebut adalah 9 sampai 100 mg dalam setiap 100 gr. Jadi ingat, Anda harus membatasi makanan-makanan tersebut.

Kelompok ketiga: Ini merupakan kelompok makanan yang mengandung purin sangat rendah dan aman dikonsumsi setiap hari. Yang termasuk golongan makanan redah purin ini adalah nasi, ubi, singkong, jagung, keju, susu, roti, puding, telur, sayuran selain dalam kelompok kedua. Makanan yang sangat dianjurkan adalah kentang, singkong dan jagung. Usahakan minum air putih yang banyak, minimal 8 gelas sehari harus terpenuhi.

Nah, sedikit panduan mengenai makanan asam urat diatas merupakan dasar yang mungkin dapat Anda gunakan sebagai referensi bagi penderita asam urat. Namun, saya lebih menyarankan bagi Anda yang mengalami gejala penyakit asam urat agar segera periksa dan berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi, karena dokter akan lebih tahu kondisi Anda setelah dilakukan pemeriksaan sehingga apa dan berapa yang paling baik untuk dikonsumsi. Bahkan Anda dapat memperoleh daftar menu harian untuk melakukan diet purin.

Promosi Produk
==================================================

10 tahun menderita asam urat
Alhamdulillah sembuh dalam waktu dua minggu perantara produk Bio Spray. Silahkan simak video berikut ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar