Minggu, 12 Juni 2011

Penyakit Asam Urat dan Makanan Pantangan Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat dapat menyerang secara tiba-tiba pada siapa saja tanpa memandang usia termasuk saya dan Anda. Sumber penyebab timbulnya penyakit ini adalah kurangnya aktifitas tubuh seperti berolah raga dan tidak memperhatikan kesehatan makanan yang dikonsumsi. 50% dari penderita asam urat ini adalah orang yang memiliki suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh 50% penderita lainnya, yaitu kelebihan berat badan alias kegemukan.

Nah, bagi Anda yang mulai merasakan sering kesemutan, nyeri pada bagian persendian di malam hari atau pada saat bangun tidur, bahkan untuk berjalanpun seperti tertusuk-tusuk jarum. Kemungkinan besar itu adalah gejala bahwa Anda mulai terserang penyakit asam urat ini. Jangan anggap remeh lho… langsung saja pergi ke dokter ya, supaya Anda bisa mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat dari ahlinya.

Penyakit asam urat termasuk jenis penyakit rematik, jika tidak segera diobati akan menimbulkan rasa sakit yang berlangsung terus menerus sepanjang hari. Pada awalnya, kasus pada beberapa orang hanya timbul rasa nyeri sesaat lalu menghilang, demikian itu akan berlangsung beberapa kali. Namun jika dibiarkan akan semakin parah dan rasa nyeri akan berlangsung berhari-hari. Pada kejadian yang lebih serius akan terjadi pembengkakan pada sendi, umumnya di sendi-sendi kaki, bisa terjadi di lutut, engkel, atau sendi-sendi jari kaki dan juga di pergelanan tangan serta ruas jari. Yang tersering ada pembengkakan adalah pada pangkal ibu jari kaki, berwarna merah seperti tomat, sakitnya minta apun deh.

Di kasus yang lebih parah lagi, penyakit asam urat dapat berakibat fatal pada ginjal. Penyakit ini adalah pemicu terjadinya batu ginjal dan yang terburuk adalah terjadi gagal ginjal. Semoga hal terburuk ini tidak terjadi pada kita. Sebab bisa dibayangkan jika hal itu terjadi, sudah pasti ginjal harus diganti. Nah lo... iya kalau bisa diganti sama ginjal ayam atau sapi ya ga masalah. Langkah medis yang umum dilakukan adalah cuci darah. Jadi fungsi ginjal diganti oleh sebuah mesin yang notabene memakan biaya yang tidak murah dan dilakukan berkali-kali, bahkan mungkin seumur hidup, capek deeeh!

Oleh karena itu, jika ingin terhindar dari penyakit asam urat ini, yuk kita mulai untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi dan cara mencegah agar terhindar dari penyakit ini.

Berhati-hatilah dengan makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Mungkin Anda bertanya, Apa saja makanan yang berpurin tinggi itu om? Oke deh… makanan berpurin tinggi biasanya yang berasal dari hewan. Maka waspadalah jika makanan yang akan Anda santap berasal dari hewan. Jika daging, apakah berupa daging merah? Jika ya maka jangan dimakan, dicuil aja sedikit terus berikan untuk kucing. Selanjutnya, apakah itu jeroan? Jika iya maka buang ke laut aja deh, kalau di kasih ke kuncing entar ikutan kena asam urat juga kaleee…. Sedangkan yang dimaksud jeroan itu pokoknya semua makanan yang tempat asalny di dalam perut. Wah.. padahal yang paling enak tuh.. yup, kecuali ampasnya hehe...

Selain jeroan, ada juga makanan lain yang harus dihindari yaitu daging bebek, udang, kornet, sarden, kepiting, cumi dan kerang. Ada juga larangan memakan bayam, kangkung, kacang, durian, alpokat dan tape. Hindari minuman yang berakohol dan bersoda, apalagi minuman yang memabukkan. Sebab minuman itu tidak hanya mengakibat penyakit asam urat, tetapi juga akan merusak syaraf dan ahlak manusia… setuju?

Lakukanlah olah raga atau beraktivitas yang dapat mengeluarkan keringat. Karena dengan mengeluarkan keringat, maka akan membantu pengeluaran asam urat melalui pori-pori. Imbangi dengan meminum air putih yang banyak agar asam urat ikut keluar melalui air seni. Ada yang menyarankan untuk meminum air putih yang direbus, bukan air kemasan. Saya sendiri tidak tahu pasti mengapa seseorang menyarankan demikian, namun secara logika air yang direbus lebih terjamin kebersihannya karena kuman-kuman telah mati pada saat air mendidih, kalau air kemasan.. hmm saya juga gak tahu. Namun itu terserah anda, yang terpenting perbanyak minum air putih. Berapa banyak om? Sebanyak-banyaknya deh semampu Anda, pokoknya lebih banyak dari jumlah biasa yang Anda konsumsi setiap hari, lebih banyak akan lebih baik.

Selain itu masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit asam urat. Anda bisa minum jamu, herbal atau ramuan tradisional dan lain-lain. Namun pada umumnya, penyakit ini dapat dicegah dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi, minimal harus berhati-hati dengan jenis-jenis makanan dan minuman pemicu asam urat seperti yang telah saya sebutkan diatas. Perhatikan berat badan jangan sampai kegemukan dan lakukanlah olah raga teratur, maka Insya Alloh kita akan terhindar dari penyakit asam urat.

Promosi Produk
==================================================

Propolis Melia Nature dapat menjadi solusi bagi Anda untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Bekerja secara menyeluruh untuk memperbaiki funsi tubuh yan mengalami kemunduran, sehingga penyakit lainnyapun ikut terobati tanpa efek samping.

Sudah terbukti sangat berkhasiat - baca testimoni melia propolis - . Aman dikonsumsi semua anggota keluarga.

Selain itu, terbuka peluang yang sangat luas bagi Anda yang berminat menjadi distributor melia propolis untuk mendapatkan tambahan penghasilan atau menjadikan bisnis melia propolis sebagai sumber penghasilan Anda. Caranya klik halaman menjadi distributor melia propolis.

Kandungan Propolis:
  1. Bioflavonoids: Memulihkan system kapilari serta memperbaiki kerapuhan dan kebocoran saluran darah (1 tetes propolis kandungannya setara dengan 500 buah jeruk)
  2. Protein ( 16 Asam amino Esensial)
  3. Vitamin dan mineral


Tidak ada komentar:

Posting Komentar